MANAGEMENT
SEJARAH DAN
PERKEMBANGAN
Pada tahun 1990-an banyak
bermunculan Program MBA (Magister Bussiness Administration) di berbagai kota
besar di Indonesia yang belum tertata sehingga Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan, sekarang Menteri Pendidikan Nasional, dalam hal ini ditangani oleh
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Prof. Dr. Sukaji Ranuwihardjo) waktu itu
mengambil kebijakan menata program - program Magister Bussiness Administration
(MBA) dengan mendirikan Program Magister Manajemen di dua Universitas yaitu di
Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada yang merupakan program
percontohan. Program tersebut berorientasi akademik terbukti dari Surat
Keputusan pendirian Program Magister Manajemen yang disetujui sebagian besar
berorientasi akademik hanya beberapa program yang disetujui berorientasi
profesional misalnya Lembaga Pendidikan Manajemen (LPM) Jakarta.
Pada tahun 1992, Prof. Dr. Suyudi
Mangunwihardjo, sebagai Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas
Diponegoro ditugasi untuk merintis pendirian Program Magister Manajemen oleh
Prof. Dr. Soewito, sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, namun
waktu itu bertepatan dengan masa pergantian Dekan Fakultas Ekonomi dan
kebetulan Prof. Dr. Suyudi Mangunwihardjo terpilih sebagai Dekan Fakultas
Ekonomi menggantikan Prof. Dr. Soewito, Alm., sehingga Prof. Dr. Suyudi
Mangunwihardjo bersama Pembantu - Pembantu Dekan (Prof. Dr. Miyasto, Drs.
Subiyanto dan Dr. Syafrudin Budiningharto, SU) mohon kepada Prof. Dr. Soewito
untuk meneruskan merintis berdirinya Program Magister Manajemen Universitas
Diponegoro. Selanjutnya dibentuk Panitia pendirian Program Magister Manajemen
yang terdiri dari Prof. Dr. Soewito; Drs. Sugiono, MSIE; Dr. Augusty Ferdinand,
MBA; Drs. Imam Ghozali, M.Com Hons, Ph.D, Akt; dan Drs. Sugeng Pamudji, Akt;
Dekan FE UNDIP beserta para Pembantu Dekan dan Ketua Jurusan Manajemen Fakultas
Ekonomi.
Pada tahun 1994, melalui Surat
Keputusan Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 166/DIKTI/Kep/1994 untuk Pendidikan Pasca
Sarjana bergelar S2 dalam bidang Studi Manajemen turun dan sejak saat itu
secara resmi Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro mulai beroperasi
dan berkembang sampai sekarang. Pada tahun 2001, Program Magister Manajemen
UNDIP di akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional. Tim Assesor menilai Program
Magister Manajemen UNDIP belum mempunyai gedung sendiri karena waktu itu
kegiatan perkuliahan masih bergabung menjadi satu dengan ruang - ruang kuliah
Fakultas Ekonomi. Tahun 2002, Program Magister Manajemen UNDIP membangun gedung
yang dibiayai oleh Badan Musyawarah Orang Tua dan Mahasiswa (BAMUS) Pasca
Sarjana UNDIP yang diketuai oleh Prof. Ir. Sudiro, setelah melakukan survey
terlebih dahulu ke UGM dan UNPAD. Hingga saat ini Program Magister Manajemen
Universitas Diponegoro adalah satu - satunya program Magister di lingkungan
Universitas Diponegoro yang telah mampu membangun dan memiliki gedung yang
cukup megah di Jl. Erlangga Tengah No. 17 Semarang. Pada tanggal 26 Agustus
2002 Gedung Magister Manajemen UNDIP diresmikan oleh Rektor UNDIP Prof. Ir. Eko
Budihardjo, M.Sc. Hingga tahun 2007, Program Magister Manajemen telah
diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional sebanyak 2 kali. Akreditasi pertama
tahun 2001 dengan SK DIKTI DEPDIKBUD Nomor 00342/Ak-1-43/UDPMMJ/II/2001
predikat Status Unggul. Selanjutnya pada tahun 2006 dengan SK DIKTI Nomor
00666/AK-V/S2-01MJ/X/2006 mendapat nilai 4,8 dan Status A.
Yang dipelajari di jurusan
manajemen ini mulai dari etika berbicara, sampai materi-materi yang berhubungan
dengan akuntansi, ekonomi, sumber daya manusia, pemasaran dll. Jadi dipelajari
ilmu-ilmu yang berhubungan dengan siklus hidup perusahaan, karena nanti orang
manajemen salah satu fungsinya adalah pengambilan keputusan untuk menentukan
arah atau kebijakan perusahaan. Di semester lanjut ada pembagian
konsentrasi/keahlian, secara umum biasanya terbagi dalam 3 konsentrasi
1. Manajemen keuangan
2. Manajemen
pemasaran
3. Manajemen Sumber
Daya Manusia
Manajemen keuangan membahas
tentang perencanaan keuangannya maupun investasi perusahaan. Keahlian manajemen
keuangan misalnya menghitung investasi, return of investment perusahaan, dan
analisa-analisa keuangan lain. Jadi salahnya apabila ada yang bilang manajemen itu tidak
ada hitung-menghitung. apalagi kalo ambil keahlian manajemen keuangan. Manajemen
pemasaran membahas tentang marketing perusahaan. Manajemen SDM nanti misalnya
di bagian kepegawaian atau HRD perusahaan. keahlian manajemen SDM misalnya
kerjanya menghitung analisis beban kerja, kebutuhan pegawai, rekrutmen dll. Manajemen
ini mempunyai kemiripan dengan Teknik Industri, yakni sama-sama mengatur.
Bedanya manajemen sama teknik industri
teknik industri mengatur tapi lebih ke teknis, kalo manajemen lebih ke
strukturalnya.Lulusan Manajemen dapat mengisi posisi di bagian: Keuangan,
Pemasaran, SDM, Perbankan, Industri, Perusahaan Retail, Jasa, Konsultan dll
KEUNGGULAN
Jurusan manajemen dari dulu udah
dianggap sebagai salah satu jurusan yang selalu punya masa depan yang bagus.
Kenapa? Karena lulusan bisnis dan manajemen itu fleksibel, bisa ditempatkan di
area mana aja, mulai dari manajemen perusahaan, keuangan, statistik ekonomi,
sampai ke marketing. Bisnis itu kan menyakup banyak bidang, makanya lulusan bisnis
dan manajemen dianggap punya keahlian yang lebih luas untuk mendukung
berkembangnya suatu perusahaan.
PROSPEK KERJA
Terdapat berbagai pilihan jenjang
karir yang tersedia bagi mereka yang ingin bekerja dalam bidang manajemen.
Banyak lulusan jurusan ini bekerja pada manajemen proyek atau manajemen
organisasi yang bertanggung jawab untuk memastikan keamanan investasi,
mengelola anggaran, memastikan kelayakan standar kesejahteraan karyawan dan
mengalokasi sumber daya yang terbatas untuk mendapatkan hasil yang semaksimal
mungkin. Rata-rata gaji awal lulusan jurusan bisnis atau manajemen di Inggris
adalah sebesar £21,007, namun besaran ini kembali bergantung pada di wilayah
mana Anda bekerja. Terdapat pilihan jenjang karir lainnya bagi mahasiswa
manajemen. Sebagai bagian dari perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan
pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan, dan juga mengenai bagaimana
berkomunikasi secara efisien dengan orang lain, hal ini yang menyebabkan
lulusan jurusan manajemen sangat ideal bagi peran public relations dan peran
sumber daya manusia.Selain itu, lulusan jurusan manajemen juga memiliki
keahlian organisasi yang tinggi yang akan diperlukan dalam peran administratif,
dan juga perencanaan berbagai acara.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Archives
Diberdayakan oleh Blogger.
You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "
0 komentar:
Posting Komentar